Minggu, 09 Desember 2012

10 December 2012


US & GLOBAL 
  • Bursa saham global naik moderat pada Jumat lalu setelah sebuah kejutan positif dari laporan data tenaga kerja AS November diredam oleh pesimisme data sentimen konsumen di tengah belum jelasnya kesepakatan AS untuk menghindari fiscal‐cliff.
  • Dolar AS juga menguat, meskipun terkoreksi di sesi penutupan setelah investor mengurai rincian laporan pasar tenaga kerja, salah satu indikator ekonomi yang paling dimonitor dengan seksama.
  • Data non‐farm payrolls November AS bertambah 146 ribu, lebih baik dari ekspektasi yang sempat pesimis sebgai dampak dari superstorm Sandy yang AS Oktober lalu.
  • Sementara indeks sentimen konsumen dari The Thomson Reuters/University of Michigan periode Desember turun ke level terendah sejak Agustus. Sentimen jatuh di tengah keprihatinan terhadap perdebatan fiscal cliff yang menjadi faktor utama yang menahan pergerakan bursa belakangan ini.
  • Ketidakpastian mengenai apakah anggota parlemen AS akan mencapai kesepakatan untuk menghindari pemotongan belanja dan kenaikan pajak masih membuat investor enggan melakukan transaksi. Indikasi ke arah mana kemajuan perdebatan fiscal cliff AS akan menyebabkan fluktuasi lebih besar di pasar.
  • Wall Street sendiri berakhir relatif lebih tinggi akhir pekan kemarin, namun dibatasi oleh data yang mengindikasikan kecemasan atas ketidakpastian fiscal cliff yang cenderung memperburuk sikap konsumen pada awal Desember ini.

EURO ZONE
  • EURUSD jatuh ke sesi terendah 1.2879, areal terendah yang pernah dicapai 28 November sebelum kemudian bangkit lagi ke atas 1.2920an di akhir sesi pekan kemarin, setelah para trader mengatakan bahwa ada isu yang berkembang yang mengatakan bahwa para anggota dewan eksekutif senior ECB menentang potensi pemangkasan suku bunga yang didukung oleh mayoritas anggota dewan moneter ECB.
  • Meskipun demikian euro relatif masih di bawah tekanan setelah bank sentral Jerman memangkas prospek pertumbuhan dan mengindikasi risiko resesi karena krisis utang yang telah berlangsung 3 tahun menekan perekonomian terbesar di wilayah Eropa tersebut.
  • Pengambil kebijakan European Central Bank mengatakan Jumat lalu bank telah "very serious" berdebat mengenai pemangkasan tingkat suku bunga minggu ini dan bahwa pemangkasan kemungkinan tahun depan jika perekonomian zona euro tidak meningkat.
  • Bank sentral Jerman dan Austria secara terpisah memperkirakan tidak mungkinnya terjadi kenaikan, perkiraan pertumbuhan pada perekonomian pada tahun 2013.
  • Makin dalamnya penurunan ekonomi Portugal dalam kuartal ketiga karena penurunan dalam ekspor pada Eropa ditambah pelemahan permintaan domestik dalam perjuangan dibawah tekanan beratnya austerity yang dikenakan oleh bailout.
  • Akselerasi anjlok akan membuat sulit pada Portugal untuk mencapai tujuan fiskal dibawah bailout dan akan menambah tantangan pemerintah dalam menjaga penyesuaian program sebagaimana persiapan kenaikan pajak yang besar.

U.K. ZONE
  • Sterling tertekan atas dolar setelah positifnya data tenaga kerja AS periode November sempat memicu ekspetasi bahwa potensial stimulus yang akan diambil the Fed AS dalam sidang moneternya pekan ini akan lebih kecil
  • Sterling tidak banyak bereaksi dari rilis data produksi industri dan manufaktur Oktober Inggris yang menunjukkan tekanan terbesarnya sejak Juni - padahal ini dapat mendorong kekhawatiran tekanan ekonomi di kuartal terakhir 2012, saat baru saja bangkit dari resesi di kuartal ketiga lalu.
  • Sterling terkoreksi mendekati areal psikologis 1.6000 dolar AS, tertekan dari level tertinggi selama sebulan di 1.6130 yang dicapai awal pekan lalu. Investor enggan melakukan beli Sterling setelah menteri keuangan Inggris, George Osborne, pekan lalu menyatakan bahwa Inggris tidak akan mencapai pengurangan hutang, sehingga mendorong kekuatiran bahwa peringkat kredit negara tersebut terancam diturunkan dari level AAA.

SWISS ZONE
  • Swiss National Bank (SNB) juga akan mempertahankan batasan penguatan nilai tukar mata uang lokalnya paling tidak hingga 2013 dan kemungkinan hingga 2014, dan juga mempertahankan suku bunga mendekati 0%.
  • USDCHF melanjutkan kenaikan mendekati areal 0.9400 setelah adanya pengumuman dari Credit Suisse dan UBS yang akan memungut biaya untuk deposito besar dalam Swiss franc setelah data inflasi yang dirilis Kamis sebelumnya ternyata lebih rendah dari perkiraan.

GOLD
  • Emas naik Jumat lalu, rebound dari level terendah pada awalnya, karena optimisme data payrolls AS tidak mengubah pandangan bahwa the Fed akan melanjutkan untuk menggunakan stimulus ekonomi yang mendukung pada logam mulia untuk mendorong pertumbuhan (ekonomi).
  • Dalam mingguannya, logam mulia anjlok 0,7 persen untuk rangkaian dua minggunya mengalami pelemahan.
  • "It's all about QE with these metals and I don't think there is any end of that in 2013," kata Matthew Schilling, commodities broker pada futures brokerage RJ O'Brien.



AUSTRALIA ZONE
  • Australia dan New Zealand dollar bertahan mendapatkan kenaikan terhadap euro dan yen Jumat lalu dan mendekati level tertinggi dua bulannya terhadap mitra AS, yang membawa kedua mata uang mencatatkan kenaikan ke level tertinggi mingguan.
  • Euro berjuang terhadap kedua mata uang tersebut diikuti langkah penurunan tajam Kamis lalu ketika European Central Bank mencatatkan suramnya outlook ekonomi euro dan diskusi tentang tingkat suku bunga.
  • Mata uang tunggal terakhir tercatat ke level A$1.2372 <EURAUD=R> terhadap Aussie, yang telah anjlok 1 persen ke level A$1.2341. Telah bertahan di level tertinggi satu bulannya A$1.2544 yang tercapai awal minggu ini.
  • Harga Australian bond futures flat karena pasar mengalami konsolidasi setelah data ekonomi mingguan dan mengantisipasi dari rilis job AS.

JAPAN ZONE
  • Pemerintah Jepang mengatakan Jumat lalu bahwa terdapat "a high possibility" bahwa perekonomian telah merosot kembali kedalam resesi setelah indeks indikator ekonomi merosot dalam rangkaian tujuh bulannya pada bulan Oktober.
  • Negara dengan ekonomi terbesar ketiga dunia tersebut telah anjlok pada kuartalan bulan September untuk pertama kalinya sejak tahun lalu, ditambah tanda‐tanda bahwa perlambatan (ekonomi ) global dan tensi dengan Cina mengarahkan pada resesi. 
  • Indeks dari indikator ekonomi merosot (dalam preliminary) 0.9 poin pada bulan Oktober dari bulan sebelumnya, Cabinet Office mengatakannya.
  • Setengah dari manufaktur Jepang mengatakan permintaan utama untuk pemenang pemilu parlemen bulan ini adalah mendorong pelemahan yen, yang mana mereka lihat sebagai kritikan untuk menghidupkan kembali perekonomian negara, polling Reuters menunjukkannya.


INDONESIA ZONE
  • Kimia Farma (KAEF) menyiapkan investasi sebesar Rp 660 miliar pada 2013. Dari dana tersebut, perseroan akan membangun pabrik farmasi baru di Pulo Gadung, Jakarta, senilai Rp 400-500 miliar. Selain pabrik, perseroan akan membangun rumah sakit (RS), 150 klinik, dan akuisisi lahan. Dengan pembangunan pabrik baru, perseroan akan memperoleh tambahan kapasitas produksi tablet dan kapsul menjadi 6 miliar butir per tahun. Pembangunan pabrik baru itu ditargetkan selesai dalam 1,5 tahun.
  • Matahari Department Store (LPPF) melakukan transaksi afiliasi sehubungan dengan pemberian bantuan kepada ACC (Asia Color Company Limited), pemegang saham utama perseroan yang memiliki sekitar 98,15% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan, terkait dengan pelaksanaan rencana private placement.
  • Wismilak Inti Makmur merevisi naik target laba bersih tahun depan dari sebelumnya diharapkan tumbuh sekitar 60% menjadi 100%, seiring rencana kenaikan harga jual produk rokok kretek. Laba bersih perseroan tahun depan diperkirakan di atas level Rp134 miliar atau dua kali lipat dari perolehan laba bersih 2012. Laba bersih sampai dengan bulan Oktober 2012 sebesar Rp67 miliar.
  • Telekomunikasi Indonesia (TLKM) menganggarkan belanja modal sebesar Rp 20 triliun pada 2013, lebih besar dibandingkan tahun ini senilai Rp 15 triliun. Sekitar 60% capex dialokasikan untuk anak usaha perseroan yaitu Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Perseroan menargetkan pendapatan dan laba bersih 2013 naik 8-10% dibandingkan proyeksi tahun ini. Pada kuartal I-2013, perseroan akan masuk Timor Leste sebagai pemain utama di sektor telekomunikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar