Selasa, 18 Desember 2012

19 December 2012


US & GLOBAL

  • Bursa saham global menguat ke level tertinggi sejak September pada hari Selasa dipicu indikasi akan tercapainya kesepakatan untuk menghindari terjadinya kenaikan pajak dan pemangkasan belanja secara otomatis yang disebut dengan “tebing fiskal” yang berpotensi mengancam perekonomian AS tersungkur kedalam jurang resesi. 
  • Dengan meningkatnya optimisme bahwa dewan kebijakan AS dapat menghindari “tebing fiskal”, maka investor kembali memburu saham dan euro dan meninggalkan aset‐aset aman resiko seperti obligasi, emas dan juga dolar. Euro menembus level tertinggi 7‐1/2 bulan terhadap dolar sementara emas jatuh hampir 2% ke level terendahnya sejak Agustus. 
  • Wall Street rally ditengah kuatnya volume perdagangan menyusul optimisme akan tercapainya kesepakatan di Washington untuk menghindari terjadinya “tebing fiskal” yang sedianya akan diberlakukan per Januari tahun depan.
  • Tawaran terbaru Presiden Barack Obama untuk Partai Republik dalam pembicaraan anggaran yang sedang berlangsung memberikan kelonggaran pada program pajak dan program sosial belanja. Ketua DPR John Boehner mengatakan penawaran tersebut "belum ada di sana," meskipun ia tetap berharap tentang kesepakatan. Senat Demokrat, bagaimanapun, telah menyatakan keprihatinan tentang pemotongan untuk Jaminan Sosial.


EURO ZONE

  • ECB memperkirakan perekonomian zona euro akan melorot 0.3 persen tahun depan dan pasar masih skeptis pada pelemahan anggota negara blok tersebut, seperti Spanyol dan Italia, dapat menggelembungkan defisit dana pemerintah tanpa program bantuan formal. 
  • Bad loans bank‐bank Spanyol mencapai level tertinggi barunya pada bulan Oktober, menambah permasalahan mengenai tingkat kesehatan sektor perbankan meskipun injeksi dana (cash) darurat dari Uni Eropa yang dapat mencapai 41 milyar euro. 
  • Data from Bank of Spain merilis Selasa lalu yang menunjukkan bahwa pinjaman yang jatuh dalam tunggakan bertambah hingga 189.6 milyar euro pada bulan Oktober, atau 11.2 persen pada portfolio yang beredar. 
  • Perekonomian Irlandia bertumbuh dengan sedikit kurang dari ekspektasi 0.2 persen pada kuartal ketiga tetapi gambaran mengalami revisi naik untuk tiga bulan sebelumnya, membawa pemerintah untuk memenuhi target sederhana tahun 2012.


U.K. ZONE
  • Sterling menguat ke level tertinggi lebih dari 2,5 bulan terhadap dolar pada hari Selasa setelah kondisi inflasi yang relatif stabil telah memperkuat spekulasi bahwa bank sentral Inggris (BoE) akan menghindari langkah pelonggaran moneter lebih lanjut untuk saat ini.
  • Data inflasi tahunan Inggris diluat dugaan stabil di level 2.7% di periode November setelah melonjak tajam di bulan sebelumnya. Sedangkan pasar sebelumnya telah memprediksi terjadi penurunan inflasi ke 2.6%.
  • Namun pasar melihat penguatan sterling berpeluang terhambat jika hasil minutes dari sidang terakhir BoE menunjukkan indikasi ke arah pelonggaran moneter lebih lanjut. Minutes akan dirilis hari Rabu ini dan nampaknya akan mengulang kembali komentar Gubernur BoE Mervyn King sebelumnya, bahwa Inggris akan berupaya mendorong sektor ekspor selama nilai tukar sterling masih relatif tinggi.



SWISS ZONE
  • Penguatan euro telah memicu apresiasi franc Swiss terhadap dolar, dimana euro dan franc telah bergerak beriringan sejak SNB pada September 2011 menerapkan nilai tukar 1.20 franc untuk setiap euro guna menjaga mata uang dari penguatan lebih lanjut.
  • Sementara itu, Bank sentral Swiss (SNB), pada Selasa kemarin, mengatakan bahwa pihaknya berencana membuka cabang pertama di luar negeri, di Singapura, untuk mengelola lebih baik  cadangan devisa dan aset-asetnya yang meningkat di kawasan Asia-Pasifik. 
  • Pekan ini hanya data trade balance Swiss periode November yang akan dirilis. Dengan minimnya data, maka pergerakan franc Swiss akan banyak terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi di AS dan juga zona euro seperti masalah "tebing fiskal" AS dan juga pemberian bailout negara zona euro.


GOLD
  • Emas merosot hampir 2 persen pada Selasa lalu, ke level terendah sejak bulan Agustus, tertekan oleh aksi jual secara teknikal dan bertumbuhnya harapan bahwa legislator AS mendekati untuk mencapai kesepakatan yang akan menghindari krisis fiskal bulan depan.
  • Perbedaan bagaimana untuk menyelesaikan kembali apa yang disebut dengan "fiscal cliff" dipersempit secara signifikan pada Senin malam karena Presiden Barack Obama membuat tawaran pada partai Republik yang termasuk peluang utama dalam posisi dari kenaikan pajak untuk (untuk yang kaya), menurut sumber yang dapat dipercaya.
  • "If gold is not able to defend those key supports, one should expect a new wave of technical selling to continue," kata Adam Sarhan, chief executive pada Sarhan Capital.

AUSTRALIA ZONE
  • Australia dan New Zealand dollar bertahan menguat terhadap yen Selasa lalu, dengan kiwi dengan mudahnya mencapai level puncak empat tahunnya karena tekanan bertumbuhnya Bank of Japan untuk pelonggaran kebijakan (moneter) secara agresif akhir minggu ini. 
  • Reserve Bank of Australia mempertahankan rencananya untuk mendekati tahun 2013, tetapi ekonom mengatakan kedepannya pemangkasan tingkat suku bunga berada diatas kertas. 
  • Minutes dari RBA's December 4 board meeting, yang dirilis Selasa lalu, menunjukkan pemangkasan tingkat suku bunga bank sentral untuk mendukung kinerja buruk sektor ekonomi, kedepannya dari puncak ekspektasi pada booming investasi pertambangan. 
  • Harga Australian bond futures melemah setelah rilis minutes dari meeting Reserve Bank of Australia yang mengurangi ekspektasi para trader pada pemangkasan tingkat suku bunga masa yang akan datang.


JAPAN ZONE

  • Bank of Japan akan melonggarkan kebijakan moneter minggu ini dan mempertimbangkan mengadopsi target inflasi 2 persen selambat‐lambatnya pada bulan Januari, sebuah sumber mengatakannya, merespon pada tekanan dari Perdana Menteri berikutnya Shinzo Abe untuk memperkuat usaha dalam menekan deflasi. 
  • Abe membuat suatu yang jarang, menekan langsung pada tingginya target inflasi ketika Gubernur BOJ Masaaki Shirakawa mengunjungi kantor pusat dari Partai Liberal Demokratik (LDP) Selasa lalu. 
  • Kebijakan berani yang menjanjikan oleh pemerintah baru Jepang terlihat tidak cocok untuk membalikkan penurunan relatif yang telah mengubah peran terkemuka pada langkah ekonomi dunia kedalam bagian kecil dalam waktu kurang dari satu generasi. 
  • Dengan Jepang terperosok kedalam resesi keempatnya sejak tahun 2000, Perdana Menteri berikutnya Shinzo Abe mengkampanyekan suatu platform dari 'unlimited'/ketidakterbatasan pelonggaran kebijakan moneter oleh Bank of Japan (BOJ) serta pembelanjaan secara royal pada pembelanjaan pekerjaan publik. 
  • Gubernur Bank of Japan Masaaki Shirakawa mengatakan tidak mendiskusikan kebijakan moneter dalam meeting Selasa lalu dengan Shinzo Abe, Ketua dari Liberal Democratic Party dan perdana menteri Jepang berikutnya.


INDONESIA ZONE

  • Bakrie Telecom (BTEL) belum merasakan keuntungan setelah pembelian saham PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI). Namun dari segi hutang akan berkurang, karena tidak melakukan investasi jika merambah ke daerah.
  • Bank Central Asia (BBCA) menargetkan volume transaksi kartu kredit Rp 40 triliun pada 2013 atau tumbuh 38% dari transaksi per November 2012 yang sebesar Rp 29 triliun. Salah satu inisiatif yang dilakukan untuk membidik target tersebut adalah yaitu peningkatan transaksi BCA Card di Singapura.
  • Grup Lippo merealisasikan pembangunan gerai-gerai ritel mereka di Indonesia Timur. Perseroan membuka Gerai Hypermart ke 79 di Kupang, NTT seluas 5.200 m2 dan biaya investasi Rp 200 miliar. Gerai itu merupakan gerai Hypermart kelima di Indonesia timur.
  • Express Transindo Utama (TAXI) menganggarkan capex 2013 sebesar Rp500 miliar guna memperkuat bisnis taksi reguler dengan membeli 2000 unit taksi dan peremajaan 500 unit taksi.
  • Kertas Basuki Rachmat Indonesia (KBRI) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 15% menjadi Rp 46 miliar pada 2013, dibandingkan proyeksi tahun ini Rp 40 miliar. Pertumbuhan pendapatan didukung oleh kenaikan volume produksi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar