Kamis, 20 Desember 2012

21 December 2012


US & GLOBAL
  • Bursa saham global naik di hari Kamis kemarin menyusul anggota parlemen di Washington terus bekerja keras di dalam negosiasi mereka atas "jurang fiskal" AS, sementara harga emas jatuh ke level terendahnya sejak Agustus ditengah aksi penjualan akhir tahun. 
  • Wall Street rebound dari koreksi awalnya, setelah Kepala DPR AS dari Partai Republik John Boehner, mengatakan pihaknya akan terus berupaya mencapai solusi untuk menghindari “jurang fiskal” sementara juga terus melakukan pendekatan mengenai kebijakan anggaran dengan Presiden Obama. DPR AS yang dikuasai Partai Republik berupaya meloloskan rencana mereka untuk menaikkan pajak pada sebagian orang kaya di Amerika. Langkah tersebut terancam akan mendapat veto dari Obama. 
  • Meskipun kedua kubu sepakat untuk terus mencari solusi yang tepat untuk menghindari “jurang fiskal” namun perkembangan yang lambat telah membuat investor bertindak hati‐hati dan cenderung menahan diri. Perdagangan mata uang berada dalam kisaran sempit menjelang libur Natal dan euro bergerak bolak‐balik terhadap dolar. Di pasar komoditas, harga minyak berjangka AS menguat namun harga Brent berjangka terkoreksi.
  • Perkembangan mengenai negosiasi untuk menghindari “jurang fiskal” AS terus dimonitor pelaku pasar disamping juga perkembangan data ekonominya.
  • Harga Treasury AS memangkas keuntungan awal sesi dipicu naiknya bursa saham Wall Street ke level intraday high setelah meningkatnya optimisme akan tercapainya kesepakatan untuk menghindari “jurang fiskal” AS. Treasury tenor 10 tahun naik 1/32 dengan yield di 1.8014%.
  • Sementara di pasar minyak, harga minyak mentah AS naik 0.17% di $90.13 per barel, namun harga minyak mentah Brent turun tipis sebesar 16 sen di $110.20 per barel. Kedua minyak berjangka tersebut mencatat kenaikan mingguannya.


EURO ZONE

  • Di hari Rabu sebelumnya, euro menembus level tertinggi 8‐1/2 bulan terhadap dolar di $1.3308. Jika kesepakatan mengenai "jurang fiskal" berhasil dicapai pada saat yang tepat, maka euro berpeluang untuk terapresiasi ke $1.3500 di awal Januari 2013.
  • Uni Eropa Kamis lalu menyetujui injeksi cash senilai 1.87 milyar euro ($2.48 milyar) ke dalam empat bekas bank tabungan Spanyol, langkah kedua dari perbaikan sektor perbankan negara. 
  • Dengan mendapatkan dana, empat lenders, yang masuk ke dalam permasalahan ketika booming properti jangka panjang pecah lima tahun yang lalu, dengan penguarangan balance sheets mereka hingga 40 persen hingga tahun 2017. 
  • Rencana Jerman untuk menerbitkan obligasi bersama pertama tahun depan setelah beberapa negara menyatakan minatnya , kata lembaga obligasi menyatakan, berpotensi memangkas borrowing costs keseluruhan negara. 
  • "First talks on a working level have shown fundamental interest among a series of states," Debt Agency chief Carl Heinz Daube mengatakan pada Reuters
  • Perancis akan memangkas penerbitan obligasi jangka menengah dan jangka panjang tahun depan senilai 169 milyar euro, dari 178 milyar euro tahun 2012, dibantu pada  Anjloknya defisit bujet dan pembelian kembali obligasi, lembaga debt management mengatakannya Kamis lalu.


U.K. ZONE
  • Sterling bergerak di sekitar level terendah 7-1/2 bulan terhadap dolar pada hari Kamis setelah data penjualan ritel Inggris dirilis di bawah ekspetasi pasar dan membuka peluang kembali bagi BoE untuk melonggarkan kebijakan moneternya dalam beberapa bulan terakhir.
  • Euro bergerak stabil terhadap sterling di sekitar 0.8135 pound menyusul pembelian oleh perbankan Jerman, dan tidak jauh dari level tertinggi 7-1/2 bulan di 0.8168 pound yang dicapai pada hari Rabu sebelumnya sebelum pasca rilis data Ifo Jerman yang lebih baik dari perkiraan.
  • Penjualan ritel Inggris dirilis flat untuk basis bulanan di periode November sedangkan dalam basis tahunan hanya mencatat naik 0.9% di bawah ekspetasi pasar.
  • Sterling menguat terhadap dolar menyusul adanya pembelian dari investor Asia. Sterling terakhir tercatat di sekitar $1.6280, tidak jauh dari level tertinggi 3 bulan di $1.6307 yang dicapai pada hari Rabu sebelumnya. Jika sterling berhasil terapresiasi di atas level tertinggi September di $1.6310, maka akan membuang peluang untuk sterling menuju level tertinggi sejak Agustus 2011.
  • Namun demikian, penguatan sterling, utamanya terhadap dolar, masih terlihat rapuh karena masih terlihat rapuh karena masih adanya peluang untuk BoE melonggarkan kebijakan moneternya di awal tahun 2013.
SWISS ZONE

  • Franc Swiss bergerak relatif stabil terhadap dolar pada hari Kamis setelah terkoreksi dari level tertinggi selama lebih dari 7 bulan di sesi sebelumnya dipicu kekhawatiran kembali muncul seputar krisis fiskal AS yang mana telah menekan minat pada aset beresiko dan mengangkat aset aman resiko seperti dolar.
  • Sementar itu data Kamis kemarin menunjukkan ekspor Swiss tumbuh secara kuat pada bulan November karena penjualan yang kuat ke Amerika Serikat dan sebagian Asia yang membantu mengimbangi pertumbuhan yang lemah dalam mitra dagang terbesar Eropa, mengindikasikan perusahaan telah berhasil menangkal efek dari penguatan franc Swiss. Ekspor tercatat naik 4% y/y di bulan November menjadi 18.776 milyar franc dan mengantarkan surplus perdaganan Swiss mencapai 2.9 milyar franc. Kenaikan ekspor dipimpin oleh sektor kimia dan farmasi. Sedangkan sektor mesin dan listrik juga berhasil ke zona positif.



GOLD
  • Emas tertekan Kamis lalu dibawah level $1.650, anjlok lebihdari 1 persen dan ke level terendah sejak bulan Agustus karena besarnya likuidasi oleh para hedge fund dan tanda‐tanda membaiknya perekonomian AS yang memicu aksi jual. 
  • Konflik berkenaan terhambatnya pembicaraan "fiscal cliff" yang makin panas Rabu sebelumnya, dan mengancam untuk terjadi lagi Kamis lalu, ketika langkah yang diekspektasi untuk berubah pertama kalinya pada peserta dari DPR AS. 
  • "There is a concern among the hedge funds that they will have more redemptions because of the fact that they underperformed the markets this year as a whole," kata Jeffrey Sica, chief investment officer pada SICA Wealth Management yang memiliki aset lebih dari $1milyar.


AUSTRALIA ZONE

  • Australia dan New Zealand dollar anjlok terhadap yen Kamis lalu setelah Bank of Japan (BOJ) melonggarkan kebijakan (moneter) tetapi gagal untuk mengambil tindakan yang tegas pada pasar yang memperkirakan mendorong ekonomi yang melemah. 
  • Obligasi Australia telah ditutup menguat setelah bertahan pada kenaikannya dalam sesi overnight selama hari perdagangan lokal. 
  • Pemerintah pertama kali berbicara mengenai membawa bujet kembali untuk surplus tahun 2012/13 in 2010. 
  • "So through this whole period we have kept making responsible savings to fill what has been an emerging and growing revenue hole," katanya (Swan‐Treasurer).



JAPAN ZONE

  • Jepang akan membutuhkan bujet ekstra yang memberikan pembelanjaan terbaru yang signifikan untuk membantu perekonomian, policy chief untuk perdana menteri berikutnya mengatakannya. 
  • Akira Amari, kepala kebijakan saat ini pada Liberal Democratic Party (LDP), mengatakan pada reporter bahwa keputusan akan dibuat pada paket ekonomi darurat pada 15 Januari. 
  • Bank of Japan telah siap untuk menunjukkan kesiapannya untuk menjaga kebijakan moneter yang longgar tetapi menekankan penyelesaian untuk memudahkan "unlimitedly" yang akan membuat perbedaan, seorang anggota senior Liberal Democratic Party (LDP) mengatakannya Kamis lalu.



INDONESIA ZONE

  • Kimia Farma (KAEF) menyiapkan belanja modal Rp 660 miliar tahun depan. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 400 miliar digunakan untuk membangun pabrik baru di Jakarta dan sisanya untuk membangun klinik baru serta apotek baru. Jumlah klinik yang dibangun sekitar 100 unit, sedangkan apotek minimal 50 unit. Dengan capex tersebut, perseroan membidik pendapatan Rp 4 triliun tahun depan dan laba bersih Rp 230 miliar.
  • Grup Bakrie dianggap menyembunyikan kebenaran mengenai keterkaitannya dengan Recapital atau Bukit Mutiara sebagai satu pihak dalam transaksi bulan November 2010 yang membawanya masuk ke bursa London. Rothschild mengemukakan bahwa pada saat transaksi akuisisi dua tahun lalu, direksi Vallar Plc (sebelum berubah menjadi Bumi Plc) tidak mengetahui keterlibatan pihak kesatuan (concert party).
  • Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) menetapkan target pembiayaan perumahaan dengan subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahaan (FLPP) sebanyak 127.000 unit rumah pada tahun 2013. Target tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan realisasi pembiayaan FLPP sebanyak 62.055 unit rumah sejak awal tahun hingga 17 Desember 2012.
  • Semen Indonesia (SMGR) meminta waktu kepada Kementerian BUMN untuk mengakuisisi PT Semen Baturaja. Akuisisi ini dilakukan guna memaksimalkan potensi produksi SMGR. Semen Indonesia juga telah menyiapkan program dan rencana bisnis anak perusahaannya di Vietnam.
  • Bank CIMB Niaga (BNGA) akan meningkatkan portofolio kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi minimal 20% sesuai dengan ketentuan BI. Saat ini, portofolio kredit UMKM BNGA sekitar 13%.
  • Bank Mutiara (BCIC) akan menggarap sektor mikro pada tahun depan karena segmen itu masih menjanjikan. Perseroan menargetkan pengelolaan dana dari sektor mikro pada tahun depan sebesar Rp1 triliun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar