Kamis, 06 Desember 2012

US & GLOBAL


  • Bursa saham AS menguat ditengah kondisi perdagangan yang masih labil, dimana pelaku pasar masih terus memonitor perkembangan dari pembicaraan negosiasi untuk pencapaian kesepakatan guna menghindari terjadinya “tebing fiskal”.
  • Jumlah warga AS yang mengisi klaim pengangguran mingguan di pekan lalu turun ke kisaran level sebelum terjadinya Badai Sandy, mengindikasikan meningkatnya kembali pertumbuhan tenaga kerja. Klaim telah mencatat penurunan mingguan ketiganya secara berturut‐turut.
  • Yield reasury AS turun mendekati level terendahnya dalam 3 pekan, didukung oleh ekspektasi bahwa The Fed akan mengumumkan program baru pembelian obligasi ketika mengadakan pertemuan pekan depan. Treasury tenor 10 tahun naik 1/32 dengan yield 1.5857%.
  • Harga minyak jatuh pada hari Kamis seiring adanya resiko melemah pada ekonomi zona euro sehingga memperkuat kekhawatiran akan menurunnya permintaan untuk kebutuhan bahan bakar, sementara ketidakpastian seputar negosiasi anggaran pemerintah AS terus memaksa investor untuk bertindak hati‐hati.
  • Rebound pada Broadcom dan Apple telah membantu mengangkat saham teknologi. Apple memangkas kerugian awalnya sebesar 3.7% di sesi pembukaan, dan menguat 1.57% ke $547.2445.

EURO ZONE
    • Euro jatuh ke level terendah 1 bulan pada hari Kamis setelah bank sentral Eropa (ECB) mengatakan pertumbuhan ekonomi di zona euro kemungkinan akan melambat di tahun depan, memicu spekulasi akan terjadinya pemangkasan suku bunga.
    • Perekonomian zona euro kemungkinan untuk anjlok tahun depan karena telah tertekan pada tahun 2012, prediksi European Central Bank, turun tajam pada outlook setelah membawa tingkat suku bunga pada level terendahnya 0.75 persen.
    • Industrial orders Jerman naik sejauh ini daripada ekspektasi pada bulan Oktober berkenaan dengan kuatnya permintaan dari luar negeri, khususnya dari luar zona euro, data Menteri Ekonomi menunjukkannya, menawarkan beberapa harapan bahwa negara dengan ekonomi terbesar di Eropa yang dapat menghindari resesi.
    • Ekspor menyelamatkan zona euro dari makin dalamnya resesi dalam kuartal ketiga tahun ini sementara itu perusahaan‐perusahaan mengosongkan gudangnya dan memangkas investasi, menempatkan beban perdagangan pada dorongan untuk suatu recovery.

    U.K ZONE
    • Prospek ekonomi Inggris masih suram, namun BoE tetap mempertahankan suku bunganya di 0.5% pada sidangnya Kamis kemarin dan juga mempertahankan progam pelonggaran kuantitatif (QE) sesuai dengan ekspetasi pasar sebelumnya.
    • Sterling terkoreksi hingga mencatat intraday low di $1.6041 dan terakhir tercatat melemah 0.3% di sekitar $1.6050, menjauhi level tertinggi 1 bulan di $1.6131 yang dicapai pada hari Selasa. Sementara itu data Inggris yang dirilis sebelumnya menunjukkan defisit perdagangan melebar melampau ekspetasi di bulan Oktober.
    • Pelemahan sterling berpotensi berlanjut terhadap dolar menyusul kemungkinan adanya pemangkasan peringkat kredit Inggris dari levelnya saat ini AAA. Lembaga pemeringkat Fitch akan mengkaji kembali proyeksinya setelah statement anggaran 2013 dari menteri keuangan Inggris George Osborne  yang akan dirilis awal tahun depan.

    SWISS ZONE
    • Swiss National Bank (SNB) akan mempertahankan batasan penguatan nilai tukar mata uang lokalnya paling tidak hingga 2013 dan kemungkinan hingga 2014, dan juga mempertahankan suku bunga mendekati 0%. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah deflasi dan resesi setelah investor berbondong-bonding memburu franc akibat krisis utang yang melanda kawasan Eropa.
    • Data kemarin menunjukkan inflasi Swiss turun lebih rendah dari perkiraan di bulan November, dipicu turunnya harga minyak, sewa dan makanan, dimana memperkuat indikasi SNB akan mempertahankan kebijakan patokan nilai tukarnya

    COMMODITIES (GOLD)
    • Harga emas naik Kamis lalu dalam aksi short covering sebelum laporan employment AS dan setelah komentar dari Ketua ECB yang mendorong ekspektasi pada pemangkasan tingkat suku bunga.
    • Aksi beli terhenti setelah Presiden ECB Mario Draghi mengatakan perekonomina zona euro kemungkinan untuk anjlok tahun depan sebagaimana tahun 2012, resiko penurunan lebih kuat untuk wilayah ini dalam krisis utangnya yang panjang.
    • Confidence pada emas telah tertahan pada bulan ini setelah gagal untuk mendorong diatas level $1.730 pada bulan November. Pelemahan pada gambaran teknikal membantu mendorong harga diatas level terendah satu bulannya Rabu lalu, membawanya dibawah level 100‐hari moving average untuk pertama kalinya sejak bulan Agustus. 
    • "The loss of all of this open interest signals the institutions are moving to the sidelines until after an announcement on the 'fiscal cliff'," kata George Gero, vice president pada RBC Capital Markets, mengacu pada tujuan pembicaraan untuk menyelesaikan kembali potensi dari krisis bujet AS pada akhir tahun.


    AUSTRALIA ZONE
    • Australian dan New Zealand dollars diekspektasi untuk menguat dalam bulan kedepannya, kebanyakan berkenaan dengan kurangnya alternatif high yielding, polling Reuters menunjukkannya, meskipun setelah Reserve Bank of Australia memangkas tingkat suku bunga minggu ini.
    • Perkiraan rata‐rata Aussie <AUD=D4> pada level $1.0400 dalam tiga bulan sebelum berada sedikit lebih rendah di level $1.025 pada saat ini hingga tahun depan. Ini dibandingkan dengan level $1.0470 ketika terjadi saat ini.
    • Tingkat pengangguran tidak diekspektasi merosot dalam level terendah tiga bulannya pada November, didukung oleh tren besarnya kekecewaan pada data ekonomi pada mingu lalu. 
    • Harga obligasi Australia menguat ke level tertingginya diikuti lebih baik dari ekspektasinya data employment dan indikasi tingkat suku bunga masih dapat turun untuk periode yang panjang.

    JAPAN ZONE
    • Sentimen diantara manufaktur Jepang telah sedikit naik untuk pertama kalinya sejak bulan Juli, polling Reuters menunjukkannya Kamis lalu, dalam tanda-tanda bahwa ekonomi kemungkinan telah mencapai level dasarnya meskipun anjloknya permintaan global untuk menekan pada business confidence.
    • Kurangnya data pendukung pada Reuters' tankan, yang mana berhubungan dekat dengan survei tankan Bank of Japan, dapat menjaga bank sentral berada dibawah tekanan untuk melonggarkan kebijakan moneternya terhadap untuk mendorong perekonomian negara terbesar ketiga tersebut. 
    • Partai Demokratik Liberal Jepang, yang mana diklaim mengawasi pemerintah, kemungkinan untuk mengajukan undang‐undang sebelum bulan Juli untuk memberikan Bank of Japan target yang mengikat harga dan mandat untuk memaksimalkan employment, seorang penasehat untuk ketua partai mengatakannya.


    INDONESIA ZONE
    • Adhi Karya (ADHI) siap membangun monorel untuk wilayah DKI Jakarta dan mengklaim tarifnya lebih murah dibandingkan Mass Rapid Transit (MRT). Pembangunan monorel sepanjang 50 km dan mengenai tarif diperkirakan Rp 25-27 ribu, lebih murah dibandingkan MRT Rp 35 ribu.
    • Dai-ichi Life Insurance dan Fukoku Mutual Life Insurance berpeluang besar mengakuisisi 40% saham Panin Life, anak usaha Panin Financial (PNLF). Nilai transaksinya diperkirakan mencapai USD 200 juta.
    • Bank Rakyat Indonesia (BBRI) menganggarkan belanja modal Rp 1,1 triliun untuk pengembangan teknologi informasi (TI) dan jaringan sepanjang 2013. Tahun depan, setidaknya 840 jaringan kantor akan dibangun oleh perseroan.
    • Bank Permata (BNLI) akan memperketat penyaluran kredit wholesale atau korporasi pada sektor sumber daya alam. Sebab, ekspor di sektor tersebut diperkirakan akan melambat seiring dengan tren harga komoditas yang cenderung menurun.
    • Manajemen Indosat (ISAT) menyatakan penjualan kembali menaranya belum dapat dipastikan pada tahun 2013. Hal itu dikarenakan ada pertimbangan biaya operasional di masa mendatang. Sebelumnya perseroan telah menyepakati penjualan 2.500 menara ke Tower Bersama Infrastruktur (TBIG) sebesar USD 519 juta. Hasil penjualan menara itu akan digunakan untuk membayar utang Perseroan dan kebutuhan lainnya.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar