Rabu, 19 Desember 2012

20 December 2012


US & GLOBAL

  • Bursa saham dunia memangkas keuntungannya pada perdagangan hari Rabu setelah menembus level tertinggi 17 bulan menyusul negosiasi untuk mencapai kesepakatan guna menghindari “tebing fiskal” terlihat macet, menghambat penguatan euro yang sebelumnya terangkat oleh laporan optimis data outlook ekonomi Jerman. 
  • Wall Street berbalik melemah seiring meningkatnya ketegangan di Washington yang mengancam rusaknya kemajuan yang telah dicapai belakangan ini untuk meredam pertumbuhan utang yang telah mencapai $16 trilyun. Presiden Barack Obama menuduh Partai Republik telah menghambat kemajuan karena dendam pribadi terhadap dirinya. Ketua DPR AS dari Partai Republik, John Boehner, menyebut Obama "tidak rasional." Boehner mengatakan Kamis kemarin bahwa DPR akan meloloskan undang‐undang yang akan mencegah kenaikan pajak pada semua pendapatan di bawah $1 juta ‐ sebuah langkah yang terancam akan mendapat veto dari Obama. 
  • Pasar ekuitas global dan aset beresiko lainnya naik di awal sesi dipicu ekspektasi kebuntuan mengenai anggaran AS akan dapat diselesaikan. Sementara harga minyak naik di tengah harapan sebuah resolusi untuk mengatasi "tebing fiskal" akan mendorong permintaan minyak mentah.
  • Sejumlah faktor positif yang mendukung pasar sebelumnya adalah upaya The Fed untuk meningkatkan pemulihan ekonomi, indikasi meningkatnya momentum ekonomi Cina dan pembicaraan bahwa Jepang tengah menggodok langkah kebijakan untuk mengangkat ekonomi negaranya keluar dari zona resesi. Indeks ekuitas global MSCI naik ke level tertinggi sejak Juli 2011, namun indeks memangkas keuntungannya dan akhirnya mencatat kenaikan 0.09% ke 341.75.


EURO ZONE

  • Pasar ekuitas di Eropa menguat setelah data survey bisnis di Jerman dirilis optimis yang mendorong sentimen investor menyusul indikasi bahwa ekonomi Jerman berpeluang memulih dengan cepat dari keterpurukannya. Keyakinan terhadap membaiknya ekonomi Jerman juga telah berhasil mengangkat euro ke level tertinggi 16 bulan terhadap yen dan level puncak 8‐1/2 bulan terhadap dolar, sementara Brent oil menembus $110 per barel.
  • Pengambil kebijakan European Central Bank Joerg Asmussen mengatakan dia akan menginginkan ECB untuk menghentikan pembelian sovereign bonds jika program pembelian terbaru diaktifkan dan negara yang bersangkutan tidak terkait pada kondisi tersebut.
  • Spanyol adalah negara yang paling mungkin untuk memperoleh manfaat pertama dari intervensi ECB dibawah program – yang dijuluki Outright Monetary Transactions (OMT) ‐ tetapi Spanyol harus mencari bantuan dari dana bailout Eropa sebelum aksi dari bank sentral. 
  • Keyakinan pada bisnis Jerman naik pada bulan Desember karena keyakinan mereka pada outlook naik ke fase tercepatnya dalam 2‐1/2 tahun, didorong harapan negara dengan perekonomian terbesar di Eropa akan kembali melonjak dengan cepat setelah pelemahan akhir tahun 2012. 
  • Berdasarkan Ifo think tank Munich yang mengatakan indeks iklim bisnis, berdasarkan survei bulanan dari sejumlah 7.000 perusahaan, naik ke level 102.4 in December. 
  • Para pekerja sektor publik Yunani berjalan diluar pekerjaannya Rabu lalu dalam protes pada langkah austerity terbaru dan PHk yang diminta oleh foreign lenders, mengganggu transportasi dan menutup sekolah dan kantor pajak.


U.K. ZONE
  • Prospek suram untuk ekonomi Inggris berdasarkan minutes BoE juga telah memukul sentimen investor terhadap sterling, dimana ekonomi diprediksi masih akan stagnan dalam jangka pendek kedepan sementara inflasi akan mengalami kenaikan. Minutes juga menunjukkan satu anggota MPC yaitu David Miles, memilih untuk dilakukan pembelian aset lebih banyak, atau disebut dengan istilah quantitive easing.
  • Namun demikian, maraknya permintaan akhir tahun terhadap sterling telah mendorong mata uang Inggris tersebut untuk menguat ke level tertinggi 3 bulan terhadap dolar di $1.6307, hanya sedikit di bawah level puncak medio September di $1.6310. Sterling terakhir tercatat stabil di $1.6255.
  • Sementara dewan kebijakan BoE diprediksi masih akan menunda langkah quantitive easing (QE) di semester pertama 2013 yang akan mendorong penguatan sterling. Namun demikian, kemungkinan ekonomi Inggris akan mengalami kontraksi di kuartal keempat tahun ini, berdasarkan minutes BoE dapat membatasi penguatan sterling.
  • Kekhawatiran tentang adanya downgrade peringkat kredit untuk Inggris juga busa membebani sterling, setelah menteri keuangan George Osborne merevisi turun perkiraan pertumbuhan Inggris dalam pidato semesterannya.
  • Menyoroti masalah yang dihadapi ekonomi Inggris, sebuah survei distributif perdagangan di Inggris menunjukkan penjualan ritel mencatat pertumbuhan lebih rendah dari yang diharapkan pada bulan Desember, menunjukkan awal yang lemah untuk peroide perdagangan Natal.



SWISS ZONE
  • Franc Swiss menembus level tertinggi 7-1/2 bulan yang baru terhadap dolar pada hari Rabu dipicu harapan bahwa dengan kebijakan moneter AS akan mencapai kesepakatan untuk menghindari kenaikan tajam pajak dan pemangkasan anggaran belanja yang biasa disebut dengan istilah "tebing fiskal", guna menghindarkan ekonomi negara tersebut jatuh kedalam jurang resesi. 
  • Dolar telah dipilih sebagai mata uang safe haven sejak Bank Sentral Swiss (SNB) menerapkan sebuah batasan minimun nilai tukar EUR/CHF dan yen tidak diminati setelah bank sentrak dunia melakukan intervensi terkoordinasi untuk melemahkan mata uang Jepang di tahun lalu.



GOLD

  • Emas bertahan dengan sedikit perubahan pada Rabu lalu, setelah anjlok ke level terendah 3‐1/2‐bulannya dalam sehari sebelumnya, karena legislator AS terlihat menjauh dari mencapai kesepakatan untuk menghindari kenaikan pajak dan pemangkasan pembelanjaan yang mana dapat mengancam untuk membawa ekonomi kembali ke dalam resesi. 
  • Rally pada crude oil dan melemahnya dollar juga membantu logam mulia mendapatkan dasar penguatan setelah aksi jual yang dipicu oleh bertumbuhnya harapan bahwa regulator AS mendekati kesepakatan yang dapat menghindari krisis fiskal bulan depan. 
  • "The attraction of holding gold should wane as any agreement that restores ... revenue increases and spending cuts over the next 10 years would be an important step in getting the U.S. fiscal house in order," kata Edward Meir, metals analyst pada brokerage INTL FCStone.


AUSTRALIA ZONE

  • Australia dan New Zealand dollar kehilangan beberapa dukungan terhadap euro dan dollar AS Rabu lalu, tetapi bertahan dekat level puncak tahunannya terhadap yen dari ekspektasi Bank of Japan akan melonggarkan secara agresif kebijakan moneter akhir minggu ini. 
  • Mantan gubernur Reserve Bank of Australia Bernie Fraser mengatakan pemerintah federal mengejar surplus bujet yang merugikan perekonomian nasional. 
  • Perdana Menteri Julia Gillard mengatakan pemerintah bermaksud untuk mencapai surplus $1.1 milyar untuk tahun 2012/13, mengikuti rangkaian defisit. 
  • Harga obligasi bertenor sepuluh tahun Australia sedikit melemah tetapi diperdagangkan pada kisaran yang sempit karena para trader bersiap untuk liburan Natal dan memantau perkembangan negosiasi bujet AS.


JAPAN ZONE

  • Ekspor Jepang merosot pada bulan November dari awal tahun untuk menandai rangkaian enam bulan penurunannya, tanda kekhawatiran bahwa recovery ekspor kemungkinan diredam oleh pelemahan permintaan luar negeri – diperkuat lebih lanjut dari kedepannya stimulus moneter minggu ini. 
  • Data Menteri keuangan mempublikasikan penurunan 4.1 persen dalam ekspor tahunan, pendorong utama perekonomian Jepang, negara dengan ekonomi terbesar ketiga tersebut. Penurunan lebih kecil daripada perkiraan median untuk pelemahan 5.4 persen tahunan pada polling Reuters oleh para ekonom dan mengikuti penurunan 6.5 persen dalam basis tahunan bulan Oktober. 
  • Koalisi berkuasa berikutnya Jepang akan menggambarkan rencana fiskal jangka menengah dan dapat memangkas pembelanjaan tahunan untuk mendorong pembelanjaan publik dengan menghidupkan kembali perekonomian, beberapa sumber pemerintah mengatakannya.



INDONESIA ZONE

  • Grup Bakrie siap untuk kembali menjual aset-asetnya guna melunasi utang-utang yang akan jatuh tempo.
  • Semen Gresik (SMGR) menyiapkan sejumlah opsi untuk merambah Myanmar, setelah resmi mengakuisisi 70% saham Thang Long Joint Stock Company (TLCC), produsen semen Vietnam. Perseroan telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah mitra lokal di Myanmar terkait dengan rencana ekspansi ke negara itu.
  • Moody’s Investor Service menurunkan peringkat Matahari Putra Prima (MPPA) menjadi B2 dari B1. Penurunan itu mencerminkan antisipasi aliran kas perusahaan dibandingkan dengan tingginya utang dan financial leverage tahun 2012 dan 2013. Moody’s memperkirakan debt to EBITDA tahun 2013 akan melebihi 5,5x.
  • XL Axiata (EXCL) pada tahun 2013 mengalokasikan dana investasi sebesar Rp 166 miliar untuk mengembangkan bisnis solusi “machine to machine”, layanan yang memungkinkan perangkat elektronik dapat saling terkoneksi dan saling berkomunikasi.
  • Sinarmas Multiartha (SMMA) menargetkan pertumbuhan laba bersih dan pendapatan sekitar 15%-20%. Kontribusi pendapatan diperoleh melalui Asuransi Sinar Mas dan Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG. Saat ini perseroan memiliki beberapa strategi guna meningkatkan sinergi antar anak usaha, seperti melakukan investasi pada sektor-sektor strategis.
  • Waskita Karya (WSKT) menargetkan pendapatan dari proyek konstruksi luar negeri mencapai Rp500 miliar atau naik 25% dibandingkan dengan tahun ini sebesar Rp400 miliar. Saat ini perseroan telah memperoleh dua proyek di kota Riyadh yakni pembangunan finansial distrik dan tempat parkir. Masing-masing proyek senilai Rp120 miliar sehingga total keseluruhan proyek tersebut sebesar Rp240 miliar. Perseroan bekerja sama dengan pengembang lokal Saudi Bin Laden Group sebagai kontraktor utama dan WSKT sebagai subkontraktor.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar