Selasa, 25 Desember 2012

26 December


US & GLOBAL

  • Ekuitas global telah tertekan oleh kekhawatiran tidak akan tercapainya kesepakatan untuk menghindari “jurang fiskal”, sebuah kombinasi dari kenaikan pajak dan pemangkasan anggaran, yang akan mulai berlaku awal tahun depan. Jika hal ini terjadi maka akan berpotensi membawa kembali ekonomi AS ke jurang resesi. 
  • Sejumlah anggota parlemen AS menyatakan keprihatinan pada hari Minggu kemarin bahwa negara itu akan menuju ke arah "jurang fiskal" dan beberapa anggota dari Partai Republik menuduh bahwa itu adalah tujuan sebenarnya dari Presiden Barack Obama. Negosiasi terlihat terhenti menyusul Obama dan Ketua DPR John Boehner keluar dari Washington untuk merayakan liburan. Meskipun tidak ada tanggal resmi untuk melakukan pembicaraan lanjutan, kedua belah pihak masih memiliki beberapa hari setelah Natal untuk menemukan kompromi sebelum batas waktu 1 Januari ketika "jurang fiskal" mulai diberlakukan.
  • Dow Jones industrial average <.DJI> berakhir melemah 51.76 poin atau 0.39% di 13,139.08. Standard & Poor's 500 Index <.SPX> turun 3.49 poin atau 0.24% di 1,426.66. Sedangkan Nasdaq Composite Index <.IXIC> turun 8.41 poin atau 0.28% di 3,012.60. 
  • Pasar uang bergerak tipis. Menyusul ketidakpastian soal “jurang fiskal”, indeks dolar menguat kurang dari 0.1% terhadap sejumlah rivalnya sementara euro bergerak flat.
  • Dalam tahun ini, S&P 500 telah naik sekitar 13.5%. Dalam kondisi masalah anggaran AS yang belum jelas, banyak investor kemungkinan memilih untuk mengunci keuntungannya tahun ini hingga tercapai resolusi yang pasti kedepannya.


EURO ZONE

  • Sebagian besar pasar obligasi Eropa juga tutup untuk merayakan Natal. Salah satu pasar Eropa yang buka adalah Inggris, dengan yield untuk obligasi tenor 10 tahun naik tipis. Investor terlihat sedang mengalami ketertarikan pada saham‐saham Eropa. Data EPFR Global melaporkan bahwa aliran ke dalam dana ekuitas telah meningkat dalam 19 pekan terakhir. 
  • Hal lain yang akan menjadi sorotan investor adalah masalah krisis utang di zona euro yang masih terus mengancam. Pemilu di Italia dan Jerman akan digelar di tahun depan, sementara pemerintah Spanyol, perusahaan dan perbankan masih membutuhkan dana besar untuk mengatasi utangnya.
  • Yunani didorong untuk menindak para pengemplang pajak seperti para dokter dan pengacara untuk ditangkap dan harus bangkit dari kesuramannya, sebuah laporan dari Uni Eropa dan International Monetary Fund mengatakannya Senin lalu.
  • Yunani juga telah mengumpulkan hanya setengah dari utang pajak dan kurang dari setengah audit yang dibawah target yang diberikan para lendermenurut survei oleh international lenders yang disusun pada bulan bulan November.
  • Mitra politik junior dari Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan hari Minggu lalu dari banyaknya usaha untuk menaikkan pajak setelah pemilu tahun depan karena negara Eropa pemenang dari disiplin bujet ini berjuang untuk menyeimbangkan neraca keuangannya. 
  • Menteri Keuangan telah menolak laporan berita surat kabar Der Spiegel bahwa Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble menginginkan untuk menaikkan pajak nilai tambah dengan menyamakan 19 persen, mengurangi diskonto 7 persen dari banyaknya materi yang dibawa dalam ekstra 23 milyar euro ($30 milyar) setiap tahun.
  • Otoritas pajak Perancis mengatakan mereka melaksanakan pemerinksaan "routine" dari keuangan pribadi pajabat pemerintah dan menolak laporan bahwa Menteri Anggaran Jerome Cahuzac telah dipilih untuk penyelidikan khusus.


U.K. ZONE
  • Sterling jatuh terhadap dolar pada hari Jumat setelah pembicaraan untuk menyelesaikan krisis anggaran AS terhenti dan buruknya dana ekonomi Inggris kian menambah kekhawatiran terhadap ekonomi negara tersebut.
  • Berkembangnya kekhawatiran seputar "jurang fiskal" AS, yang akan mengancam perekonomian jatuh ke dalam resesi, telah membantu mendorong investor untuk memburu dolar yang dipandang lebih liquid dan menjauhi sterling. Mata uang Inggris, yang kurang liquid dibanding dolar, cenderung tertekan disaat pertumbuhan ekonomi memburuk.
  • Meningkatnya data pinjaman public (PSNB) telah menambah gambaran suram diantara dewan kebijakan moneter AS, maka sterling berpotensi melemah lebih lanjut terhadap dolar.
  • Jika ekonomi Inggris terus memburuk juga akan berdampak pada tertekannya sterling lebih lanjut karena hal ini akan membuat BoE untuk melanjutkan kebijakan moneter longgar.


SWISS ZONE
  • Franc Swiss bergerak beriringan dengan euro untuk melemah terhadap dolar pada hari Jumat setelah dewan kebijakan moneter AS gagal mencapai kesepakatan untuk menghindari terjadinya "jurang fiskal" yang akan menyebabkan kenaikan pajak dan pemangkasan anggaran yang akan mendorong perekonomian AS jatuh kedalam resesi.
  • Berkembangnya risk aversion (keenganan investor terhadap aset beresiko) telah mendorong penguatan dolar, dimana berhasil rebound dari level terendah 7-1/2 bulan terhadap euro dan franc swiss dan berhasil menembus level intraday high sebelumnya.
  • Dolar menguat 0.5% terhadap franc swiss di sekitar 0.9165 franc dibandingkan dengan penutupan New York hari Kamis. Sedangkan euro bergerak flat terhadap franc di sekitar 1.2073 franc per euro.



GOLD

  • Emas hampir tidak berubah dalam sesi pra Natal Senin sebelumnya, dengan futures ditutup turun ditengah volume perdagangan yang tipis dan ketidakpastian berkenaan dengan kondisi fiskal Amerika pada tahun mendatang. 
  • Kebanyakan komoditas, termasuk oil dan tembaga, ditutup melemah karena Kongres AS tertahan tanpa solusi berkenaan dengan tahun baru setelah rencana partai Republik untuk menghindari menekan kenaikan pajak dan pemangkasan pembelanjaan gagal untuk diangkat minggu lalu. 
  • "Given the condition of other markets and the relative strength of the dollar, gold is doing pretty fine," kata James Dailey, portfolio anager pada TEAM Financial Asset Management di Pennsylvania.



AUSTRALIA ZONE

  • Australia dan New Zealand dollars tertekan untuk anjlok terhadap yen dan dollar AS Jumat lalu ditengah ketidakpastian bahwa kesepakatan dapat dilakukan untuk menghindari "fiscal cliff" AS, yang membawanya mencatatkan penurunan tajam mingguan. 
  • Aussie <AUD=D4> anjlok 0.3 persen dalam hariannya ke level $1.0388, jauh dari level puncak tiga bulannya $1.0585 yang tercatat minggu lalu. 
  • Harga Australian bond futures telah rally dari kekhawatiran yang dipicu pembicaraan debt AS setelah partai Republik membatalkan rencana yang memungkinkan pajak untuk para orang‐orang kaya/millionaires.
  • Lembaga pemeringkat Moody's telah menurunkan peringkat dari outlook pada Western Australia's/Barat pada AAA credit rating menjadi negatif dari stabil karena meningkatnya utang negara bagian tersebut.


JAPAN ZONE

  • Yen menjadi mata uang yang mengalami pergerakan paling mencolok, yang mana jatuh ke level terendah 20 bulan setelah masuknya kembali perdana menteri Shinzo Abe yang kembali memberi tekanan selama akhir pekan pada Bank of Japan untuk mengadopsi target inflasi 2 persen. Dolar menguat 0.7% terhadap yen.
  • Perdana Menteri Jepang berikutnya, Shinzo Abe, memperbarui kembali tekanan pada bank sentral untuk mengadopsi target inflasi 2 persen, yang mengatakan bahwa dia akan mencoba untuk merevisi hukum yang menjamin kebebasannya (bank sentral) jika permintaannya tidak terpenuhi. 
  • Dia juga mengatakan akan memilih seseorang yang setuju dengan pandangannya dari kebutuhan untuk memantapkan monetary easing dengan menggantikan Gubernur BOJ Masaaki Shirakawa ketika masa jabatannya berakhir April tahun depan.
  • Lembaga jasa keuangan Jepang akan mempertimbangkan kebutuhan bank‐bank utama disamping tiga megabank utama untuk menjaga tingginya rasio modal karena pentingnya kesisteman, business daily Nikkei melaporkannya.



INDONESIA ZONE
  • Lippo Karawaci (LPKR) berencana mengembangkan 7 menara apartemen baru di superblok Kemang Village, Jakarta Selatan. Pada pembangunan tahap I saat ini terdapat 6 menara apartemen yang telah terbangun dan 1 menara dalam tahap konstruksi di superblok seluas total 15,5 ha. Pada pembangunan tahap II, yang akan dimulai pada kuartal I 2013, perseroan berencana menambah 2 menara apartemen sekelas The Bloomington dan pada tahap III menambah 5 menara. Dalam 5 tahun ke depan, ada 14 menara apartemen di Kemang Village. Pembangunan tahap II juga akan dilengkapi oleh rumah sakit Siloam dan ritel food & beverages.
  • Jasa Marga (JSMR) pada 2013 mendirikan anak usaha di bidang properti dengan dana awal Rp50 miliar. Bisnis tersebut untuk memaksimalkan lahan yang kini dimiliki perseroan. Adapun lahan yang akan digarap, mulai dari Surabya, Jakarta, Bandung, dan beberapa lokasi lainnya.
  • Wijaya Karya (WIKA) memperkirakan rencana akuisisi PT Sarana Karya, baru akan selesai pada kuartal pertama tahun depan. Kendati sudah memperoleh persetujuan dari DPR RI, manajemen masih menunggu hasil valuasi PT Sarana Karya dari pemerintah selaku pemegang saham.
  • Telekomunikasi Indonesia (TLKM) akan membangun sekitar 3.000 menara termasuk di Timur Leste pada tahun depan. Pembangunan 3.000 menara rencanan akan dibangun sekitar 151 di antaranya akan dibangun di Timor Leste. Selain itu, TLKM juga telah membangun BTS 3G sebanyak 54.000 BTS sepanjang tahun ini. Sebanyak 15.000-nya adalah BTS 3G yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah timur Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar