Rabu, 12 Desember 2012

13 December 2012


US & GLOBAL
  • Bursa saham global menguat dan euro melonjak naik terhadap dolar pada hari Rabu setelah The Federal Reserve menggenjot stimulus moneter dan mengatakan akan mempertahankan suku bunga AS mendekati nol sampai tingkat pengangguran turun tajam. Namun bursa saham AS berakhir tipis, menyerahkan sebagian besar keuntungan yang telah di dapat di awal sesi setelah Kepala The Fed Ben Bernanke menegaskan kembali bahwa kebijakan moneter tidak akan cukup untuk mengimbangi dampak buruk dari akibat terjadinya "tebing fiskal." 
  • Harga Treasury jatuh, dengan obligasi tenor 30 tahun turun tajam, setelah bank sentral mengumumkan akan mengalihkan sebagian besar pembeliannya kedalam obligasi tenor 5 tahun dalam program baru pelonggaran moneternya. Ekspektasi yang berkembang bahwa langkah bank sentral tersebut akan membantu mendorong pemulihan ekonomi telah memicu naiknya aset beresiko seperti saham dan menekan aset aman resiko seperti obligasi pemerintah. 
  • The Fed juga nampaknya akan mempertahankan suku bunga mendekati 0% selama tingkat pengangguran masih berada di atas 6.5%, sementara inflasi diprediksi tidak lebih dari 2.5% dalam 1 atau 2 tahun kedepan dan ekspektasi inflasi masih stabil.
  • Sementara itu Ketua DPR AS John Boehner mengatakan pada hari Rabu "perbedaan serius" masih terjadi dengan Presiden Barack Obama dalam pembicaraan untuk menghindari kenaikan tajam pajak dan pemotongan anggaran yang akan diterapkan di tahun baru.
  • Namun demikian, tekanan jual pada dolar nampaknya masih cenderung terbatas, karena investor masih menantikan hasil perundingan kesepakatan antara pemerintahan Obama dan Kongres untuk menghindari “tebing fiskal”. Jika kesepakatan yang diharapkan tidak tercapai, maka dolar akan kembali diburu sebagai mata uang aman resiko ditengah kondisi ekonomi global yang suram.


EURO ZONE

  • Factory output zona euro berlanjut untuk turun tajam pada musim gugur tahun ini, menggarisbawahi lemahnya permintaan domestik yang beresiko membuat resesi blok tersebut dalam jangka panjang. 
  • Industrial production dalam 17 negara membawa zona euro melemah 1.4 persen pada bulan Oktober setelah persentase penurunan tajamnya pada September, kantor statistik Uni Eropa Eurostat mengatakannya Rabu lalu. Bahwa kebanyakan memburuk daripada ekspektasi pertumbuhan moderat dari polling para ekonom dalam Reuters. 
  • Jerman menandai Rabu lalu untuk siap mendukung rencana pada European Central Bank untuk membuat chief supervisor dari bank‐bank, menaikkan prospek dari terobosan kebanyakan ambisi Uni Eropa dalam reformasi keuangannya. 
  • Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble mengatakan kabinet Jerman "optimistic" mengenai kesepakatan kedepannya dari meeting para menteri keuangan Uni Eropa di Brussels Rabu lalu, seorang pejabat Jerman mengatakannya, berbicara dengan kondisi anonim. 
  • Kreditur luar negeri Yunani memuji pembelian kembali obligasi yang sukses meskipun turun tipis dari target untuk memangkas utang negaranya, memuluskan jalan untuk Yunani mendapat bantuan penundaan jangka panjang dalam menghindari kebangkrutannya.


U.K. ZONE
  • Sterling mempertajam apresiasinya terhadap dolar setelah The Fed semalam memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya di kisaran 0-0.25% sesuai ekspetasi pasar sebelumnya dan mengumumkan progam baru pembelian obligasi untuk membantu merangsang pertumbuhan ekonomi AS.
  • Sterling menguat ke level tertingginya sejak 17 Oktober terhadap dolar setelah mencatat intraday high di $1.6171, dan terakhir bergerak di sekitar 1.6160 atau naik 0.3% dibandingkan penutupan New York hari Selasa. Namun demikian, sterling masih rentan tekanan seiring kondisi ekonomi Inggris yang masih rapuh.
  • Sterling terlihat telah menguat sejak awal perdagangan Rabu kemarin, setelah data ekonomi Inggris menunjukkan penurunan diluar dugaan untuk jumlah klaim pengangguran dan juga mencatat level tertinggi untuk jumlah orang yang bekerja di negara tersebut.
  • Dengan minimnya data ekonomi Inggris yang dirilis pekan ini, maka pergerakan sterling akan banyak terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi di zona euro dan juga AS, seperti masalah krisis utang kawasan dan upaya pemerintah AS untuk menghindari terjadinya "tebing fiskal".


SWISS ZONE
  • Franc Swiss diprediksi masih akan melemah terhadap euro di tahun depan seiring tertundanya krisis utang dan perbankan menjauhi deposito franc, sehingga meringankan bank sentral dalam menjaga tetap rendahnya nilai tukar franc. Franc menembus level terendah terhadap euro selama lebih dari 2 bulan di pekan lalu menyusul bank-bank besar Swiss mengatakan mereka akan memberlakukan suku bunga negatif pada deposito franc untuk mencegah arus masuk yang mengikis keuntungan mereka.
  • SNB akan menggelar sidangnya hari Kamis ini dan diperkirakan akan menegaskan kembali komitmennya untuk mempertahankan nilai tukar minimum EUR/CHF di 1.20 franc yang telah diberlakukan mulai September tahun lalu guna mencegah perekonomian jatuh ke dalam resesi dan deflasi. 
  • Sementara intervensi SNB di pasar mata uang telah surut dalam beberapa bulan terakhir dengan cadangan devisa jatuh untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan November.


GOLD
  • Harga emas naik ke $1,712 per ons setelah keputusan The Fed mendorong minat investor pada emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi.
  • Emas naik Rabu lalu karena ketertarikan terhadap lindung inflasi yang terdorong setelah the Fed AS mengatakan maksud untuk menjaga tingkat suku bunga mendekati nol selama tingkat pengangguran masih tinggi.
  • Harga emas melonjak pada perdagangan yang choppy setelah the Fed mengungkapkan putaran dari pembelian Treasury. Telah berkomitmen untuk pembelian bulanan sebesar $45 milyar pada Treasuries diatas $40 milyar perbulan dalam obligasi berbasis mortgage yang memulai pembelian pada bulan September.
  • "It takes a little while to sink in that the Federal Reserve is focusing more and more on employment and less and less on inflation," ungkap Axel Merk, chief investment officer pada Merk Funds yang memiliki $650 juta dalam aset‐asetnya.

AUSTRALIA ZONE
  • Australia dan New Zealand dollar mencatatkan kenaikan ke level tertingginya terhadap the greenback dan yen Rabu lalu dari ekspektasi kedepannya stimulus pada AS dan Jepang. 
  • Sektor ritel Australia berlanjut untuk berjuang berkenaan dengan turunnya marjin keuntungan dan melambungnya biaya, laporan mengatakannya. 
  • Usaha dari bank sentral untuk menstimulasi perekonomiannya dengan membeli obligasi pemerintah dapat dilihat kebebebasan pada resiko sekali waktu untuk kebijakan yang santai, seorang petinggi bank sentral Australia megnatakannya. 
  • Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Glenn Stevens mengatakan pembelian besar‐besaran pada aset‐aset oleh beberapa bank sentral, yang dikenal dengan quantitative easing, mengaburkan perbedaan antara kebijakan moneter dan fiskal.
  • "The problem will be the exit from these policies... ending a lengthy period of guaranteed cheap funding for governments may prove politically difficult," kata Stevens dalam pidatonya terhadap para bankir bank sentral .


INDONESIA ZONE
  • Penjualan mobil Astra International (ASII) pada bulan November 2012 sebanyak 54.546 unit, naik 1,6% MoM dari 53.687 unit di bulan Oktober 2012. Market share ASII pada November sebesar 53% atau naik dari 50% di Oktober. Penjualan mobil ASII selama Januari-November 2012 mencapai 556.009 unit atau naik 26,9% YoY dari 438.110 unit pada periode Januari-November 2011.
  • PT Bukit Jonggol Asri (BJA), anak usaha Bakrieland Development (ELTY) bersama Sentul City (BKSL) menggarap kawasan mandiri baru, Sentul Nirwana. Fasilitas pendukung berupa taman bermain, Jungleland Adventure Theme Park siap beroprerasi pada awal tahun 2013 dan perseroan memperkirakan dapat menarik 3 juta pengunjung per tahun. Jungleland Adventure Theme Park dibangun lahan seluas 70 ha, dengan tahap awal 40 ha.
  • PT Ciputra Ayutapradana anak perusahaan Ciputra Group melakukan ground breaking budget hotel pertama Citradream di Kota Cirebon Jawa Barat dengan total investasi sekitar Rp 47 miliar dan ditargetkan selesai pada kuartal akhir 2013. Dalam 2 tahun ke depan perseroan berencana membangun 20 hotel (Citradream) di sejumlah kota di Indonesia diantaranya Semarang, Bandung, Yogyakarta, Banjarmasin, Bengkulu serta wilayah Jabodetabek. Hotel Citradream nantinya memberikan pelayanan hotel berstandar internasional, modern dan terjangkau bagi pasar domestik maupun mancanegara.
  • Kawasan Industri Jababeka (KIJA) berencana membangun kawasan industri Jababeka 7 dengan menganggarkan belanja modal Rp600 miliar seiring dengan banyaknya permintaan dari investor asing terhadap lahan industri dalam negeri.
  • Bank Central Asia (BBCA) memperkuat layanan individual banking dengan mendirikan kantor cabang berkonsep one stop solution pertama. Pembangunan cabang ini membutuhkan biaya Rp 35 miliar, dibandingkan biaya cabang biasa yang hanya berkisar Rp 1-3 miliar. Sebagai prototype, perseroan mendirikan cabang pertama di Alam Sutera, Tangerang. Ke depan, perseroan akan menyasar ke kota-kota besar lainnya.
  • Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong seluruh perusahaan BUMN untuk berkomitmen agar tidak mengikuti tender pemerintah dengan pagu di bawah Rp 25 miliar. Dorongan komitmen untuk tidak mengikuti tender itu ditujukan untuk memberdayakan pengusaha daerah dan pengusaha muda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar