Rabu, 05 Desember 2012

6 December 2012



US & GLOBAL
  • Bursa saham AS naik di hari Rabu setelah Presiden Barack Obama mengatakan kesepakatan untuk menghindari terjadinya jurang fiskal kemungkinan akan segera tercapai dalam sepekan ke depan.
  • Koreksi lebih dari 6% pada saham Apple telah memicu kinerja terburuk saham perusahaan tersebut selama lebih dari 4 tahun dan membatasi penguatan Wall Street. Sementara Nasdaq bernasib lebih buruk daripada indeks lainnya sebagai hasilnya.
  • Investor terus memonitor perkembangan upaya mencapai kesepakatan antara Gedung Putih dan Kongres untuk menghindari jurang fiskal. Obama mengatakan kesepakatan bisa dicapai dalam seminggu jika tercapai kompromi Partai Republik mengenai pajak.
  • Data ekonomi AS semalam menunjukkan private payrolls processor ADP melaporkan sektor swasta menambah 118.000 pekerjaan di bulan November, lebih sedikit dibandingkan perkiraan yang nampaknya dipengaruhi oleh Badai Sandy, meskipun aktifitas di sektor jasa melanjutkan ekspansinya.
  • Harga minyak turun lagi akibat kekhawatiran investor akan menurunnya permintaan global. Harga minyak ditutup melemah sekitar 1% dan mencatat penurunan dalam 3 hari berturut‐turut setelah data menunjukkan kenaikan stok minyak di pekan lalu. Harga bensin turun lebih tajam dibandingkan harga minyak mentah akibat melonjaknya stok.

COMMODITIES
  • Emas anjlok ke level terendah satu bulannya dibawah level $1,700 per ons Rabu lalu karena perkiraan pelemahan harga oleh Goldman Sachs yang dipicu beberapa likuidasi fund, mengimbangi berita terbaru dari aksi beli oleh bank sentral.
  • Emas anjlok sekitar 0.2 persen pada tekanan teknikal dibawah 100‐hari moving average. Akselerasi penurunan setelah kemudian memecahkan level support level terendah Selasa lalu $1,690.64.
  • Emas tertekan setelah Goldman Sachs memangkas outlook emas tahun 2013 dan mengatakan siklus bull logam mulia saat ini kemungkinan berbalik tahun depan karena naiknya tingkat suku bunga real dan membaiknya pertumbuhan yang mengimbangi stimulus moneter dari the Fed AS.

EURO ZONE
  • Euro anjlok setelah menembus level tertinggi 7 pekan terhadap dolar di awal sesi, terimbas oleh hasil lelang obligasi pemerintah Spanyol yang mengecewakan dan rilis buruk data ekonomi zona euro. Euro terakhir tercatat turun di $1.3072.
  • Investor juga cenderung menahan diri menjelang sidang bank sentral Eropa (ECB) hari Kamis ini, dimana mereka akan mencermati terhadap langkah kebijakan ECB berikutnya di tahun depan.
  • Para pembelanja zona euro memangkas pembelanjaanya dengan marjin terbesarnya dalam enam bulan pada bulan Oktober, pengiritan pada segala sesuatunya dari pakaian hingga perlengkapan kesehatan dan menawarkan sedikit harapan pada konsumen yang membawa recovery dari resesi.
  • Volume dari perdagangan ritel dalam 17 negara yang menggunakan euro melorot 1.2 persen pada bulan Oktober dari bulan September, penurunan terbesarnya sejak April, kantor statistik Uni Eropa mengatakannya Rabu lalu. Ini merupakan yang terburuknya dari perkiraan penurunan 0.1 persen oleh ekonom pada polling Reuters.
  • Lelang obligasi Spanyol lebih sedikit daripada yang diharapkan Rabu lalu, mendorong pasar untuk menyalurkan obligasi negara karena investor khawatir berkenaan dengan waktu permintaan bantuan yang diekspektasi oleh pemerintah.

U.K. ZONE
  • Laporan dari Inggris juga menjadi perhatian utama pasar pada Rabu kemarin, ketika menteri keuangan Inggris George Osborne memperingatkan ekonomi kemungkinan akan melambat lebih rendah dari perkiraan. 
  • Ekonomi Inggris saat ini diprediksi tumbuh 1.2% di tahun 2013, turun dari 2% prediksinya di bulan Maret.
  • Prospek suram ekonomi Inggris kemungkinan membangkitakan kembali peluang untuk pelonggaran moneter lebih lanjut oleh BoE (Bank of England) dan memperbesar resiko untuk lembaga pemeringkat utang untuk memangkas peringkat utang Inggris, yang mana kedua hal tersebut akan memberi dampak negatif bagi sterling.
  • Review oleh lembaga pemeringkat Moody's untuk peringkat utang Inggris di awal tahun 2013 mendatang juga akan menjadi sorotan pasar. Inggris diprediksi akan berhasil mempertahankan peringkat utangnya di level AAA.

SWISS ZONE
  • Frank Swiss terkoreksi lebih lanjut terhadap euro pada hari Rabu, diperdagangkan pada level terendah 11-minggu menyusul langkah dua bank terbesar Swiss untuk membayar suku bunga negatif pada deposito franc yang dibuat oleh para pesaingnya sehingga melemahkan minat investor untuk mengoleksi franc.
  • Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk melindungi franc dari investor yang mencari safe have dari krisis utang zona euro, Swiss National Bank telah mempertahankan  target suku bunga Libor untuk tiga bulan di 0,00-0,25%. Rendahnya suku bunga telah membuat sulit bagi Bank untuk menutupi biaya mereka dalam memegang deposito.
  • Pada hari Senin, Credit Suisse dan UBS mengumumkan mereka akan memungut biaya kredit negatif dan biaya deposito franc tinggi dalam upaya untuk mendorong pelanggan untuk membatasi kepemilikan mereka atas mata uang franc.

AUSTRALIA ZONE
  • Australian dollar bertahan untuk berada pada level tertingginya Rabu lalu, didorong oleh data yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi pada fase terlemahnya dalam satu tahun setengah dan telah mengabaikan pemangkasan tingkat suku bunga pada awal minggu ini.
  • Pertumbuhan ekonomi Australia pada fase terlemahnya dalam satu setengah tahun karena pemerintah mengimbangi pemotongan pada ledakan bisnis investasi, sementara itu rendahnya pendapatan ekspor dan booming pertambangan kemasa yang sulit kedepannya. 
  • The Australian Bureau of Statistics melaporkan gross domestic product (GDP) naik 0.5 persen dalam kuartal ketiganya, dibandingkan kuartal sebelumnya ketika bertumbuh 0.6 persen. Ini bersamaan dengan perkiraan tetapi kenaikan terkecilnya sejak awal tahun 2011.

JAPAN ZONE
  • Deputi Gubernur Bank of Japan Kiyohiko Nishimura mengatakan Rabu lalu bank sentral akan memperdebatkan apakah monetary easing pada September dan Oktober cukup untuk mendukung perekonomian, yang mana kemungkinan dibawah sasaran dari proyeksinya.
  •  "When you look at which way the economy's momentum is headed compared with the BOJ's forecasts made in October, it is heading downwards despite some positive signs such as a rise in industrial output," Nishimura mengatakan dalam konferensi berita di Niigata, barat laut Jepang.
  • Pemerintah Jepang berikutnya harus mengendalikan target harga untuk Bank of Japan dan bank sentral harus menaikkan pembelian obligasi pemerintah untuk mengakhiri deflasi, kata Heizo Takenaka, seorang ekonom yang dekat hubungannya dengan Liberal Democratic Party.


INDONESIA MARKET

  • Matahari Putra Prima (MPPA) melakukan rencana pengalihan saham PT. Matahari Pasific (MP) dan PT. Nandya Putra Investama (NPI) dengan nilai Rp 945 miliar serta pengalihan piutang perseroan di MP dan NPI kepada PT. Multipolar (MLPL) dalam 2 tahap senilai Rp 944,9 miliar. Total pembayaran 2 transaksi sebesar Rp 1889,9 miliar telah Dilakukan tunai oleh Multipolar kepada perseroan.
  • Sentul City (BKSL) merevisi target marketing sales tahun ini menjadi Rp720 miliar dari sebelumnya 600 miliar. Untuk tahun 2013 perseroan menargetkan marketing sales sebesar Rp1 triliun atau naik 38.89% dari target tahun ini. Perseroan cukup optimis target tersebut dapat tercapai menyusul rencana pembangunan tol di ruas Bogor Ring Road (BORR) yang dapat menambah nilai jual kawasan tersebut.
  • Ultrajaya Milk Industry & Trading Company (ULTJ) menargetkan pendapatan sebesar Rp 3 triliun pada tahun depan. Pendapatan tersebut tumbuh 20% dari estimasi pendapatan tahun ini sekitar Rp 2,5 triliun. Peningkatan kinerja juga didukung naiknya kapasitas perseroan tiap tahun. Tahun ini, kapasitas produksi perseroan mencapai 300 juta liter. Perseroan berharap pertumbuhan kapasitas dapat mencapai 20% per tahun.
  • Telkomsel, anak usha Telekomunikasi Indonesia (TLKM), meningkatkan penggunaan layanan Internet melalui kerja sama dengan Google. Bentuk kerja sama Telkomsel dengan Google terwujud dalam Free Zone. Periode kemitraan selama 6 bulan. Telkomsel berencana mengalihkan 15 juta pelanggan untuk menggunakan layanan Internet. Perseroan menargetkan, dalam  6 bulan mendatang sebanyak 10 juta pelanggan sudah menggunakan layanan Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar