Selasa, 04 Desember 2012

5 December 2012


US & GLOBAL 
  • Bursa saham AS terkoreksi pada hari Selasa menyusul investor khawatir terhadap kemampuan Washington untuk menghindari krisis anggaran akhir tahun, namun rencana Yunani untuk membeli kembali obligasinya telah mendorong penguatan euro mendekati level tertinggi 7 pekan.
  • Pasar khawatir ekonomi AS akan tergelincir kedalam resesi jika kenaikan pajak yang tinggi dan pemangkasan anggaran pemerintah yang menyerap dana $600 milyar akan diberlakukan di awal tahun depan. 
  • Pihak Gedung Putih dan Kongres belum mencapai kesepakatan untuk rencana pengurangan defsit jangka panjang. Optimisme untuk tercapainya kesepatan tersebut telah terganjal oleh pernyataan President Barack Obama yang menolak usulan Partai Republik untuk menyelesaikan krisis sebagai "tidak seimbang" dan mengatakan kesepakatan apa pun harus mencakup kenaikan tarif pajak penghasilan atas orang terkaya Amerika. Perdebatan alot mengenai proposal kesepakatan telah memonopoli perhatian pelaku pasar Wall Street, meskipun investor meyakini bahwa kesepakatan akan tercapai sebelum akhir tahun ini.
  • Harga obligasi pemerintah AS menguat tipis, namun investor secara umum bersikap menunggu ditengah absennya perkembangan dari hasil negosiasi anggaran AS. Treasury AS tenor 10 tahun naik 3/32 dengan yield 1.6066%.
  • Berkembangnya kkhawatiran mengenai kondisi ekonomi global telah memicu pelemahan pada harga minyak dan emas.
  • U.S. crude oil <CLc1> berakhir turun 59 sen di $88.50 per barel. Kekhawatiran terhadap lemahnya permintaan untuk bahan bakar telah berkembang setelah data menunjukkan pada hari Senin bahwa sektor manufaktur AS mengalami kontraksi di bulan November, kinerja terburuknya selama lebih dari 3 tahun.

EURO ZONE
  • Jerman dan Perancis terjadi bentrok publik Selasa lalu berkenaan dengan rencana untuk menempatkan European Central Bank bertugas mengawasi bank‐bank, memperdalam sengketa berkenaan dengan kekuasaan ECB yang mengancam untuk menggelincirkan salah satu negara Eropa yang paling berani untuk reformasi.
  • Dengan berjalannya waktu untuk bertemu dalam kesepakatan menyelesaikan kerangka hukum untuk UNI Eropa‐pelebaran banking union hingga akhir tahun, Wolfgang Schaeuble berbicara pada meeting dari para menteri keuangan dari Uni Eropa yang dia tidak dapat mendukung rencana yang akan memberikan ECB suatu bentuk pengawasan.
  • Jumlah tingkat pengangguran Spanyol naik hingga 1.5 persen pada bulan November dari awal bulan, atau sebesar 74.296 orang, membuat 4.9 juta orang keluar dari pekerjaan, data dari Labour Ministry Selasa lalu.
  • Bulan November ditandai dalam rangkaian kenaikan empat bulannya dari jumlah orang‐orang yang terdaftar karena menganggur di Spanyol.

U.K. ZONE
  • Sterling mencatata level tertinggi 1 bulan terhadap dollar menyusul laporan adanya aksi beli investor yang mengimbangi pengaruh negatif akibat rilis survey aktivitas sektor konstruksi Inggris yang lebih buruk dari perkiraan.
  • Data construction PMI menunjukkan aktifitas menurun tipis di bulan November dan kepercayaan untuk 12 bulan kedepan turun ke level terendahnya selama hampir 4 tahun. Data tersebut menjadi perhatian pemerintah Inggris sebelum dirilisnya statement anggaran semesteran dari menteri keuangan George Osborne pada hari Rabu ini. Namun sterling tidak banyak terpengaruh oleh laporan tersebut dan kemudia menembus level tertinggi 1 bulan di $1.6131, level tertinggi sejak 2 November, dipicu maraknya aksi beli oleh investor.

SWISS ZONE
  • Franc Swiss jatuh ke level terendah 11 pekan terhadap euro pada hari Selasa setelah pelaku pasar memprediksi bank-bank lain akan bergabung dengan Credit Suisse Group AG (CS) dan membebankan bungan pada pemegang deposito franc.
  • Credit Suise mengatakan pada hari Senin kemarin bahwa pihaknya akan memberlakukan suku bunga negatif dalam rangka untuk mengatasai permintaan untuk franc mulai 10 Desember. Laporan tersebut telah memicu melemahnya franc, sebuah langkah yang akan didukung oleh pemerintah Swiss yang berupaya menekan penguatan mata uangnya.
  • Pasar melihat indikasi untuk bank-bank Swiss besar lainnya mengikuti jejak Credit Suisse. Namun, UBS AG (UBS) menegaskan hanya akan mengenakan undefined excess balance fee ketika arus masuk modal berlebihan, seperti yang diumumkan sebelumya pada bulan Agustus 2011.

AUSTRALIA ZONE
  • Treasuri Wayne Swan telah mengakui pertumbuhan ekonomi yang moderat, membawa beberapa dorongan dari pemangkasan tingkat suku bunga resmi oleh pemerintah sebagai tahap awal Natal untuk sektor rumah tangga.
  • Reserve Bank of Australia (RBA) Selasa lalu memangkas tingkat suku bunga 25 basis poin menjadi tiga persen pada meeting akhir tahun, yang membawa 175 basis poin dari total penurunan pada suku bunga sejak November tahun lalu.
  • Bank‐bank utama berada dibawah tekanan untuk membawa beberapa hiburan Natal dalam bentuk mortgages yang lebih rendah setelah Reserve Bank membuat tingkat suku bunga ke level terendahnya.
  • Reserve Bank of Australia (RBA) memangkas tingkat suku bunga 25 basis poin ke level tiga persen, level terendah sejak dalamnya krisis ekonomi keuangan tahun 2008‐2009.

JAPAN ZONE
  • Perekonomian Jepang kemungkinan merosot ke fase terendahnya dalam kuartal ketiga daripada perkiraan pemerintah pada awalnya 
    karena penurunan pada pembelanjaan modal oleh perusahaan‐perusahaan kemungkinan kurang dari data awal, menurut polling Reuters.
  • Tetapi keseluruhan gambaran negara dengan ekonomi terbesar ketiga tersebut masih parah, dengan analis mengatakan bahwa kemungkinan telah siap untuk anjlok kepada resesi karena pelemahan permintaan global sebagai eksportir terkemuka.
  • Gross domestic produce (GDP) kemungkinan anjlok 0.8 persen pada kuartalan bulan Juli‐September dari periode sebelumnya, dengan akan diterjemahkan dalam kontraksi tahunan 3.3 persen, suatu perkiraan konsensus dari 24 ekonomi menunjukkannya.



INDONESIA ZONE
  • Jasa Marga (JSMR) berencana membangun jalan tol khusus truk dari Cibitung, Jawa Barat, menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara sepanjang 24 km. Pembiayaan berasal dari konsorsium yang terdiri dari PT Pelindo II dan PT KBN, Jasa Marga sebesar 30% dan sisanya dari perbankan.
  • Jasa Marga (JSMR) berencana mencari pinjaman perbankan senilai Rp 4,2 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Bawen-Solo sepanjang 52 km. Pinjaman tersebut sekitar 70% dari total nilai proyek tol Bawen-Solo yang mencapai Rp 6 triliun.
  • Lippo Karawaci (LPKR) menganggarkan belanja modal (capex) tahun 2013 sebesar USD 600 juta untuk ekspansi. Dana belanja modal itu berasal dari kas internal, yang merupakan hasil penjualan 2 mall dan 2 rumah sakit. Capex itu akan dialokasikan untuk pembangunan 5-7 rumah sakit di Medang, Kupang, Ambon, Semarang dan Surabaya, 4 mall dan belanja modal rutin. Biaya investasi 1 rumah sakit sekitar USD 25 juta (total Rp. 1,6 triliun), sedang biaya investasi 1 mall sekitar USD 30 juta – USD 35 juta.
  • Wismilak Inti Makmur menetapkan harga saham perdana pada level Rp650 per saham dari kisaran Rp575 per saham-Rp800 per saham. Dengan jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 630 juta lembar atau 30% dari modal disetor, maka perseroan akan memperoleh dana segar sebesar Rp409,5 miliar. Adapun masa penawaran pada 6-12 Desember 2012 dan tanggal pencatatan di BEI pada 18 Desember 2012.
  • PT Waskita Karya sedang mengerjakan beberapa proyek dan ditargetkan selesai tahun depan. Proyek-proyek tersebut antara lain pembangunan Juanda International Airport, ruas tol Bawen-Solo, ruas tol Gempol-Surabaya, ruas tol Gempol-Pasuruan dan Gelanggang Olahraga di Balikpapan. Proyek pembangunan Juanda International Airport Waskita mendapat kontrak senilai Rp 400 miliar dan diperkirakan selesai pada tahun 2013. Waskita juga dipastikan akan mengerjakan paket 3 dan paket 6 dari ruas tol Bawen-Solo. Waskita telah menjadi pemenang tender pembangunan konstruksi bagian jalan tol Bawen-Solo pada tahun 2011. Pemilik konsesi ruas tol Bawen-Solo adalah Jasa Marga (JSMR) dan pemda Jawa Tengah.






1 komentar: