Senin, 03 Desember 2012

4 December 2012

US & GLOBAL NEWS

  • Bursa global dan harga minyak memangkas keuntungan yang telah dibuat di awal sesi dan kemudian diperdagangkan melemah pada hari Senin setelah data manufaktur AS menembus level terendah selama 3 tahun di periode November, mengimbangi sentimen positif dari rilis data manufaktur Cina. 
  • Sektor manufaktur AS berusaha untuk bangkit dari keterpurukan, data semalam menunjukkan indeks manufaktur dari Institute for Supply Management mencatat level terendahnya sejak Juli 2009. Namun pasar melihat buruknya data November kemungkinan banyak disebabkan oleh adanya Badai Sandy, yang telah menyapu kawasan Pantai Timur AS di akhir Oktober, sejalan dengan ketidakpastian mengenai negosiasi anggaran di Washington.
  • Tawar‐menawar politik di Washington mengenai “tebing fiskal” masih menjadi fokus utama investor. Jika kesepakatan tidak tercapai di Kongres, maka pemangkasan anggaran dan kenaikan tajam pajak yang berpotensi menyerap dana hingga $600 milyar akan mulai berlaku pada Januari 2013, yang berpotensi mendorong perekonomian AS kedalam zona resesi.

EURO ZONE

  • Anggota dewan gubernur European Central Bank Christian Noyer mengatakan bahwa dia melihat tidak ada alasan saat ini untuk mengkhawatirkan bahwa kenaikan tajam pada pasokan/arus uang ke dalam pasar oleh bank sentral utama terhadap inflasi, memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi global masih suram dan rapuh.
  • Spanyol Senin lalu meminta secara formal pembayaran 39.5 milyar euro ($51.4 milyar) dari dana Eropa untuk merekapitalisasi sektor perbankan yang sakit, Menteri Perekonomian mengatakannya.
  • Euro berhasil melonjak ke level tertinggi terhadap dolar dalam 6 pekan seiring meredanya kekhawatiran seputar masalah krisis utang Yunani dan Spanyol, sementara data manufaktur Cina memberi dukungan positif. Euro menguat 0.50% di $1.3049, sementara indeks dolar jatuh 0.30% ke 79.914.

U.K. ZONE
  • Menteri Keuangan Inggris George Osborne akan memberikan "autumn statement" ke parlemen hari Rabu, setelah mengatakan pada hari Minggu bahwa Inggris akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menangani tumpukan utang dan bahwa pemulihan akan berjalan lamban.
  • Sterling menembus level tertinggi 1 bulan terhadap dollar pada perdagangan hari Senin dipicu maraknya permintaan dari korporasi dan pemerintah, meskipun kemungkinan adanya statement semesteran yang pesimis mengancam untuk tertekannya kembali sterling.
SWISS ZONE
  • Produksi industri Swiss mencatat pertumbuhan terpesatnya sejak awal 2011 di bulan November menyusul meningkatnya permintaan, sebuah indikasi ekonomi terus berupaya bangkit dari tekanan global. Namun demikian, pasar melihat masih terlalu dini untuk Bank Sentral Swiss (SNB), yang akan menggelar sidangnya 13 Desember mendatang untuk menaikkan plafon (batas atas) untuk nilai tukar Swiss yang telah ditetapkan setahun lalu untuk mencegah ekonomi jatuh ke dalam resesi dan deflasi.
  • Franc Swiss menembus level tertinggi 6 pekan terhadap dolar di awal sesi Senin, seiring menguatnya euro setelah rilis optimis data manufaktur Cina yang mana telah minat investor pada aset-aset beresiko, dan mendorong menguatnya euro atas dollar. Namun franc kemudian bergerak relatif stabil terhadap dollar di sekitar 0.9260 franc.

AUSTRALIA ZONE
  • Australian dollar merosot Senin lalu setelah data menunjukkan penjualan ritel yang melemah, anjloknya permintaan tenaga kerja dan turunnya inflasi menambah ekspetasi pada pemangkasan tingkat suku bunganya minggu ini.
  • Harga Australian bond futures telah rally dari ekspetasi Reserve Bank of Australia akan memangkas tingkat suku bunga Selasa ini. 

JAPAN ZONE
  • Perusahaan-perusahaan Jepang menaikkan pembelanjaan pada pabrik dan peralatan pada bulan Juli-September, naik dalam rangkaian empat kuartalan, yang merupakan tanda-tanda terakhir bahwa ekonomi terbesar ketiga dunia tersebut kemungkinan telah memburuk dari pelemahan permintaan global.
  • Pejabat puncak Jepang mengatakan Senin lalu tidak akan menyuarakan kebijakan untuk menunggu ekonomi untuk naik pada kenaikan pajak dan mengejar konsolidasi fiskal, mengingat apa yang terjadi pada negara-negara eropa seperti Yunani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar