Senin, 17 Desember 2012

18 December 2012


US & GLOBAL

  • Bursa saham global terapresiasi pada hari Senin, didukung oleh indikasi adanya perkembangan pada negosiasi untuk menghindari apa yang disebut dengan “tebing fiskal”, sementara kemenangan Partai Demokratik Liberal Jepang telah mengangkat dolar ke level tertinggi 20 bulan terhadap yen.
  • Sementara di AS, setelah beberapa pekan terjadi kebuntuan, investor kembali ceria setelah adanya pembicaraan antara Presiden AS Barack Obama dengan Kepala DPR John Boehner di Gedung Putih yang telah menambah harapan bahwa Washington akan dapat mencegah kenaikan pajak curam dan pemotongan belanja yang mengancam perekonomian.
  • Harga minyak Brent turun, sementara harga minyak mentah AS naik menyusul berita bahwa ekspansi pemipaan di AS akan diselesaikan bulan depan. Brent crude futures <LCOc1> turun 54 sen ke $107.64 per barel sementara U.S. January crude <CLF3> naik 47 sen ke $87.20 per barel.

EURO ZONE
  • Ekspor zona euro melonjak pada bulan Oktober dan gaji tumbuh secara moderat dalam kuartal ketiga, dalam tanda‐tanda terakhir pada blok utang yang berusaha mendapatkan kembali keunggulan kompetitifnya. 
  • Neraca perdagangan zona euro dengan seluruh dunianya mengalami kenaikan/surplus 10.2 milyar euro ($13 milyar) pada bulan Oktober, versus defisit setahun yang lalu, dan penjualan luar negeri meningkat 14 persen, kantor statistik Uni Eropa Eurostat menunjukkannya Senin lalu. 
  • Yunani, Spanyol dan Portugal, yang merupakan pusat dari krisis tiga tahunan blok tersebut, semuanya memangkas defisit neraca perdagangan dengan melebarkan marjin pada bulan Januari‐hingga‐September dan Italia meskipun naik tipis pada surplus dibandingkan tahun yang lalu. 
  • Pertumbuhan ekonomi melambat ke tingkat yang mengkhawatirkan sepanjang zona euro dan tidak hanya dipinggiran, anggota dewan gubernur European Central Bank Erkki Liikanen mengatakan dalam suatu wawancara untuk di publikasikan di Jerman pada surat kabar Welt am Sonntag.


U.K. ZONE
  • Sterling menembus level tertinggi 2,5 bulan terhadap dolar pada perdagangan hari Senin, terangkat oleh maraknya permintaan dari investor Timur Tengah dan juga perusahaan-perusahaan. Sterling mencatat intraday high di $1.6217, level tertingginya sejak Oktober, hanya sedikit di bawah level tertinggi 5 Oktober di $1.6218.
  • Maraknya permintaan dari investor Timur Tengah di awal sesi telah mengangkat sterling, dilanjutkan oleh permintaan dari sejumlah perusahaan.
  • Investor akan mencermati data inflasi Inggris pada hari Selasa ini dan juga minutes dari sidang BoE pada hari Rabu untuk melihat peluang bank sentral melaksanakan progam pembelian obligasi lebih lanjut, dan juga data penjualan ritel (retail sales) pada hari Kamis. Data retail sales diprediksi akan mengangkat sterling jika dirilis di atas perkiraan.
  • Jika data inflasi dan retail salesi dirilis naik di atas perkiraan pasar, maka berpotensi mengurangi BoE melakukan pelonggaran moneter lebih lanjut dan dapat memicu kenaikan sterling.

SWISS ZONE
  • Franc Swiss bergerak sedikit di bawah level tertinggi 8 bulan terhdap dolar pada perdagangan hari Senin, setelah dolar terkoreksi secara luas pada hari Jumat lalu.
  • Pekan ini hanya data trade balance Swiss  periode November yang akan dirilis. Dengan minimnya data, maka pergerakan franc Swiss akan banyak terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi di AS dan juga zona euro seperti masalah "tebing fiskal: AS dan juga pemberian bailout negara zona euro.


GOLD
  • Harga emas diperdagangkan sedikit berubah Senin lalu dari tanda‐tanda dari pergerakan nyata pertama minggu ini dalam negosiasi 
    berkenaan dengan "fiscal cliff" yang mana menetralkan beberapa aksi beli pada safe‐haven pada logam mulia.
  • Pada awal hariannya, logam mulia naik dari harapan bahwa Bank of Japan akan menggunakan stimulus moneter yang lebih setelah perdana menteri Jepang berikutnya, Shinzo Abe, menyebutkan langkah agresif untuk mendorong pertumbuhan.
  • Tetapi emas mendapat tekanan Senin lalu setelah juru bicara DPR AS John Boehner pada proposal terakhir "fiscal cliff" pada Presiden 
    Barack Obama akan untuk pertama kalinya melihat kenaikan pajak pendapatan (pendapatan kelas atas).
  • "Should we get a sell‐off, we suspect gold will be caught up in the resulting downdraft. We remain cautious on the markets short‐term," 
    ungkap Edward Meir, analis precious metals pada brokerage INTL FCStone.

AUSTRALIA ZONE
  • Australia dan New Zealand dollar mencapai level tertinggi tahunannya terhadap yen dan bertahan mendekati level puncak bulanannya terhadap dollar AS Senin lalu karena perubahan pada pemerintah di Jepang yang menaikkan prospek untuk kebijakan stimulus moneter yang lebih agresif. 
  • Ekonom ANZ memprediksi tingkat suku bunga akan dipangkas dua persen hingga akhir tahun 2013 dan diperkirakan kemungkinan ide yang bagus untuk pemerintah dengan melangkah mundur dari langkah rencana surplus bujet. 
  • Dalam laporan bulanan Senin lalu, mereka membuat prediksi tingkat suku bunga berdasarkan pelemahan perekonomian Australia dan hanya kenaikan secara moderat pada produksi dalam diseluruh dunia. 
  • Harga Australian bond futures menguat karena investor melakukan aksi ambil untung dari aksi jual baru‐baru ini pada local fixed‐income assets.

JAPAN ZONE
  • Pengaruh terbesar pergerakan mata uang di pasar uang dipicu kemenangan pemilihan telak bagi LDP Jepang pada hari Minggu, yang membuka jalan bagi perubahan dalam strategi ekonomi dalam upaya mengangkat ekonomi terbesar ketiga di dunia untuk keluar dari resesi. Kemenangan itu dipandang sebagai tekanan pada Bank of Japan untuk memudahkan lebih lanjut kebijakan moneternya pada pertemuan bank sentral berikutnya, yang akan berakhir pada hari Kamis, dimana berpotensi memicu tekanan jual pada yen. Kebijakan moneter yang lebih longgar dan bertambahnya pengeluaran diperkirakan untuk melemahkan mata uang, yang akan membantu untuk membuat ekspor lebih menguntungkan.
  • Partai Liberal Demokratik, yang menggebrak untuk kemenangan pemilu Minggu lalu, mengharapkan meyakinkan orang‐orang Jepang lainnya pada kebijakan moneter yang agresif yang berlanjut pada inflasi. Pesannya : buy now before prices start rising again.

INDONESIA ZONE
  • Pada bulan November, Agung Podomoro Land (APLN) meraih penjualan senilai Rp 5,57 triliun dari target tahun ini sebesar Rp 5triliun. Mayoritas penjualan marketing ini berasal dari Superblok Green Bay yang mencapai 38 persen, sementara dari Podomoro City dengan pangsa pasar 26 persen.
  • Bakrieland Development (ELTY), melalui anak usahanya, Bakrie Nirwana Semesta, berencana menggarap proyek city hotel di 3 kota yaitu Jakarta, Bandung, dan Balikpapan, pada 2013. Dana yang disiapkan untuk proyek ini sebesar Rp 100 miliar. Hotel ini akan menggunakan nama Elty dengan total sebanyak 360 kamar.
  • Bank Mayapada Internasional (MAYA) akan menambah modal Rp 1 triliun untuk mendukung target penyaluran kredit perseroan pada 2013. Penambahan modal Rp 1 triliun tersebut akan bersumber dari pemegang saham dan penerbitan obligasi subordinasi dengan porsi masing-masing Rp 500 miliar. Dengan penambahan modal tersebut, CAR perseroan akan meningkat menjadi 16%. MAYA menargetkan pertumbuhan kredit hingga 25% pada 2013.
  • Bumi Citra Permai (BCIP) menjajaki pembangunan pelabuhan kering (dry port) dan pembangkit listrik pada 2013 untuk meningkatkan kinerja keuangan. Perseroan juga akan menjalankan bisnis pengelolaan air bersih melalui anak usaha, Millwater Pratama Mandiri. BCIP akan tetap mengembangkan usaha di bidang properti, khususnya kawasan industri.
  • Indosat (ISAT) membidik pertumbuhan pendapatan sekitar 7-8% pada 2013. Penyumbang utamanya diharapkan berasal dari bisnis selular disusul data.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar